Eksplorasi Arsir Tekstur

Tuesday, December 23, 2008

Setiap benda yang ada di sekitar Anda pasti mempunyai tekstur yang beraneka ragam. Tekstur yang Anda temukan tergantung dari material bahan yang membentuk tekstur tersebut. Hanya dengan melihat, Anda sudah dapat merasakan tekstur suatu benda, tetapi dengan merabanya maka ketajaman indra Anda lebih meningkat. Anda lebih dapat merasakan tekstur dari benda tersebut. Tekstur permukaan kayu tentu saja berbeda dengan tekstur permukaan kain atau tekstur benda yang terbuat dari plastik. Ketika Anda menggambar suatu obyek, tidak cukup hanya dengan melihat obyek tersebut tetapi akan lebih baik jika Anda memegangnya dan merasakannya. Dengan begitu Anda mempunyai perasaan dan pemahaman atas keberadaan obyek yang Anda gambar.

Pada latihan ini Anda akan belajar membuat arsir tekstur. Sebelumnya carilah benda-benda sekitar Anda yang menarik teksturnya seperti kayu, kaca, kain, dan sebagainya. Kemudian rabalah permukaan semua benda tersebut dan rasakanlah perbedaannya.
Setelah itu buatlah beberapa baris kotak yang ukuran dan jumlahnya bebas terserah Anda. Kemudian cobalah terlebih dahulu mengisi satu baris kotak dengan bermacam-macam arsir tanpa melihat sebuah obyek. Anda akan mengerti bahwa tanpa melihat obyek pun Anda dapat membuat berbagai macam tekstur dari arsir yang berbeda.
Setelah itu lihat dan rabalah tekstur berbagai macam benda. Pindahkanlah tekstur yang Anda lihat dalam bentuk arsir ke baris kotak lainnya. Saya yakin Anda akan menemukan lebih banyak lagi tekstur menarik pada gambar Anda.
Supaya latihan membuat arsir tekstur ini lebih menarik. Buatlah komposisi dari bentuk-bentuk dasar seperti gambar dibawah. Gambarlah banyak sketsa komposisi bentuk dasar dan jangan ragu untuk mengeluarkan ide Anda.
Saya menggambar beberapa sketsa komposisi bentuk dasar. Setelah itu saya memilih sketsa dasar yang paling baik. Lalu saya mulai mengarsir dan menggabungkan dengan berbagai macam arsir tekstur pada sketsa komposisi bentuk dasar.
Anda bisa lihat hasilnya seperti pada gambar diatas, walaupun menggunakan berbagai macam arsir tekstur, gambar diatas memperlihatkan kesatuan komposisi.
Latihan ini akan mengasah kepekaan Anda untuk memahami suatu obyek yang memiliki ciri khas tekstur menarik, seperti tekstur kayu, bulu binatang, logam, kaca, dan lain-lain. Sehingga Anda bisa menampilkan karakter dan tekstur obyek yang Anda gambar pada kertas.












Berbagai macam tekstur yang dapat
Anda temukan di sekitar rumah Anda.




Komposisi berbagai macam bentuk dasar
diarsir dengan beragam tekstur.

You Might Also Like

1 comments

  1. Tenk U........... teksturnya bagus dan berguna buat saya ...

    kunjungi juga www.tidurdihutan.blogspot.com

    ReplyDelete

Popular Posts

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Subscribe