Komposisi Bentuk Dasar Geometris


posted by Anissa Anwar on

4 comments

Setelah Anda menguasai latihan sebelumnya, maka Anda tidak akan kesulitan melakukan latihan ini. Latihan yang akan Anda lakukan yaitu mengkomposisikan bentuk-bentuk dasar, dimana bentuk tersebut mengalami distorsi, pembesaran, pengecilan, pemotongan, dan pengulangan. Bentuk-bentuk dasar tersebut juga bisa berubah menjadi bervolume dengan memanfaatkan teknik arsir gelap dan terang. Buatlah beberapa sketsa dasar terlebih dahulu, pilihlah bentuk-bentuk dasar apa saja yang ingin Anda gunakan. Kemudian komposisikan bentuk dasar tersebut sehingga memenuhi bidang gambar.
Sebagai pemula Anda harus sering bertanya pada diri sendiri apakah komposisi ini bagus atau tidak? Nanti setelah Anda melakukan beberapa latihan, maka Anda akan tahu sketsa mana yang paling baik komposisinya.
Pilihlah sketsa yang akan Anda selesaikan. Kemudian arsirlah dengan teknik arsir gradasi. Ketika mulai mengarsir Anda tidak harus menggunakan arsir terang terlebih dahulu. Anda bisa mulai dengan arsir gelap terlebih dahulu, seperti pada gambar di bawah ini. Kalau Anda suka dengan teknik arsir tekstur maka gabungkanlah dalam komposisi gambar Anda.
Semua obyek yang akan Anda gambar seperti alam benda, manusia, dan binatang jika disederhanakan maka akan mempunyai bentuk dasar geometris seperti kotak, persegi, lingkaran, dan segitiga. Latihan ini akan sangat membantu Anda untuk melihat bentuk-bentuk dasar yang dimiliki setiap obyek. Anda pun terbiasa untuk menghasilkan berbagai macam komposisi yang dinamis dimana memiliki unsur keseimbangan, irama dan kesatuan.


Sketsa awal komposisi bentuk dasar geometris.
Bentuk dasar tersebut sudah mengalami
pembesaran, pengecilan, pemotongan dan
pengulangan.
Latihan ini lebih memperkaya
pemahaman Anda untuk mengkomposisikan
berbagai macam unsur rupa.








Paling penting Anda perhatikan dalam
komposisi gambar adalah adanya keseimbangan,
irama, dan kesatuan dalam gambar. Selain teknik
arsir gradasi, Anda bisa juga mengarsir dengan berbagai
jenis arsir tekstur. Kembangkan ide-ide lain dan
pindahkan ke dalam gambar Anda.









4 comments

Leave a Reply