Komposisi Alam Benda


posted by Anissa Anwar on

No comments

Setelah belajar mengenal satu-persatu karakter dari obyek alam benda yang Anda gambar. Sekarang Anda akan berlatih mengkomposisi berbagai macam obyek alam benda. Belajar mengkomposisikan berbagai macam obyek yang Anda gambar sangat penting. Komposisi gambar pada umumnya harus mempunyai unsur keseimbangan, kesatuan, dan dinamis.
Anda dapat meletakkan obyek yang akan Anda gambar di atas meja. Sebaiknya meja tersebut terletak di tengah sebuah ruangan, sehingga Anda dapat melihatnya dari berbagai macam sudut pandang Jika memang tidak ada meja letakkan semua obyek gambar Anda di atas lantai.
Obyek yang diletakkan di bawah sehingga terlihat bagian atas obyek disebut sudut pandang atas. Tetapi jika Anda menggunakan meja dan Anda berada di bawah meja, sehingga Anda bisa melihat bagian bawah obyek maka disebut sudut pandang bawah.
Biasakanlah untuk sering bereksperimen mengubah komposisi obyek gambar Anda. Ruang kosong antara obyek yang di gambar juga sangat penting, karena sangat membantu keseimbangan komposisi gambar Anda. Sebagai pemula kadang Anda ragu dan takut komposisi gambar tidak sesuai yang diharapkan. Tetapi dengan berlatih terus membuat sketsa dan mengubah berbagai macam komposisi gambar maka tanpa banyak pertimbangan lagi, Anda dapat dengan mudah menghasilkan gambar yang memiliki komposisi seimbang dan dinamis.


Benda-benda yang ada di sekitar rumah saya
kumpulkan dan diletakkan di atas meja.
Kemudian saya gambar sketsa dasar komposisi
alam benda menggunakan pensil 2B




Saya mulai mengarsir gambar komposisi
alam benda dengan pensil 2H dan 2B.




Setelah menentukan daerah gelap terang,
kemudian saya menggunakan pensil 4B dan 6B
untuk mengarsir pada bagian yang gelap.
Pergunakanlah berbagai macam arah arsir berbeda
sehingga dapat menghasilkan volume bentuk obyek tersebut.



Setelah itu saya mulai mengarsir gambar
bayangan komposisi alam benda dengan pensil 6B
dan latar belakangnya dengan pensil 2H.

Leave a Reply