Manisnya Apel

Buah apel merupakan salah satu obyek gambar yang paling mudah untuk dipelajari. Bentuk dan strukturnya sangat sederhana. Ketika Anda menggambar buah apel, yang paling penting Anda pelajari adalah bentuk volume dan tekstur kulit apel itu sendiri. Walaupun sederhana jika Anda mencoba untuk memotong apel ternyata bentuk volume buah apel berbeda dengan buah lainnya. Kulit tekstur buah apel pun mempunyai ciri khasnya sendiri. Anda perhatikan perbedaan antara buah apel Malang, apel merah dan apel hijau. Kalau Anda analisa maka akan terlihat perbedaannya. Apel Malang dapat Anda ketahui dari warna hijau yang agak polos . Sedangkan apel merah mempunyai tekstur kulit yang berpola dan jika diraba terasa halus permukaan kulitnya
Pada latihan menggambar buah apel ini, Anda akan mengkomposisi satu jenis obyek gambar saja terlebih dahulu. Latihan ini akan memudahkan Anda belajar tentang komposisi gambar. Nanti ada saatnya Anda harus mengkomposisikan berbagai macam jenis obyek untuk digambar.
Saya mulai menggambar beberapa sketsa apel terlebih dahulu. Saya menggambar sketsa bentuk dasar apel dengan menarik garis-garis ekspresi Pada proses menggambar apel merah ini saya hanya menggunakan 3 jenis pensil yaitu B, 2B dan 4B. Saya membuat sketsa dasar apel dengan pensil B. Kemudian untuk daerah yang tidak terlalu gelap saya memberi arsir dengan pensil 2B. Pada bagian yang gelap agar lebih memunculkan tekstur apel merah saya mengarsir dengan pensil 4B.



Buatlah beberapa sketsa buah apel
terlebih dahulu dengan garis-garis ekspresi.
Sebaiknya Anda juga mencoba menggambar
apel dengan berbagai macam komposisi.



Saya tentukan terlebih dahulu daerah terang
dan gelap pada sketsa gambar buah apel
di sebelah ini. Pada daerah terang saya mengarsir
dengan pensil 2B. Arah arsir sesuai dengan
bentuk volume apel tersebut.



Saya mulai mengarsir daerah gelap
dan tekstur apel dengan pensil 4B. Kemudian
saya berikan arsir bayangan buah apel sesuai
arah datangnya cahaya.

CONVERSATION