Sehelai Daun

Sunday, December 21, 2008

Daun mempunyai karakter dan struktur bentuk yang bermacam-macam. Ada daun pisang, daun pepaya, daun palem, daun cemara, daun jeruk, daun pandan, dan sebagainya.
Pada latihan menggambar daun ini saya menyarankan Anda untuk keluar rumah. Walaupun di dalam rumah ada pot tanaman tetapi suasananya berbeda ketika Anda berada di taman.
Apalagi kalau Anda memetik banyak daun kemudian dibawa ke dalam rumah. Anda tidak bisa memahami bagaimana daun itu tumbuh dari pohonnya.
Pertama kali belajar menggambar daun, kesalahan yang saya buat adalah membuat garis-garis tebal kaku sehingga karakter daun yang saya gambar seperti terbuat dari besi. Biasanya pemula juga kesulitan ketika menggambar karakter daun yang berbeda strukturnya.
Agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama. Perhatikanlah secara keseluruhan struktur pohon, bagaimana daun tumbuh dari dahannya. Kemudian rabalah bagaimana tekstur permukaan daun tersebut apakah kasar, halus, tebal, tipis, dan mempunyai corak. Anda pun harus memahami kalau ada daun yang mempunyai sifat rapuh dan kuat. Juga perhatikan bagaimana arah tulang daun tersebut Semua itu bisa Anda ungkapkan melalui garis-garis yang Anda hasilkan.
Saya menyarankan Anda menggunakan pensil B dan 2B untuk mulai latihan menggambar daun. Berlatihlah menggambar bermacam-macam jenis struktur, dan karakter daun.



Daun-daun pada gambar di sebelah ini
menunjukkan perbedaan struktur antara
daun lebar dan daun kecil.



Daun diatas mempunyai struktur
tulang daun yang kaku.




Saya menggambar komposisi daun dari satu
jenis pohon dengan pensil B, 2B, dan 6B.
Saya juga mengamati bagaimana daun-daun
saling menumpuk dan terlihat dari berbagai
sudut pandang yang berbeda.

You Might Also Like

3 comments

  1. kalo pohon dengan daun rimbun tipsnya gmn ya?
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Makasih ya atas sharenya dapat menambah pengetahuan
    salam kenal dari Cara membuat Manisan kolang kaling

    ReplyDelete

Popular Posts

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Subscribe