Persiapan Menggambar Dengan Pensil


posted by Anissa Anwar on

No comments

Sesudah Anda memilih pensil dengan cermat. Anda pun harus pandai memilih kertas gambar, karena kualitas kertas gambar juga mempengaruhi hasil gambar Anda.

Kertas mempunyai berbagai macam ukuran mulai dari A0-A6, ukuran kertas yang paling besar adalah A0 dan yang paling kecil A6, tetapi biasanya kertas gambar yang dapat Anda temukan ukuran A2-A5.
Sebagai pemula saya menyarankan Anda untuk memilih ukuran kertas A3-A5, karena tidak terlalu besar dan bisa dibawa kemana saja sehingga Anda bisa berlatih setiap saat. Jika Anda membeli kertas ukuran A1-A2, Anda dapat membaginya menjadi ukuran A3-A5. Harga kertas pun bervariasi, mulai dari yang murah sampai mahal bahkan lebih mahal dari harga pensil itu sendiri. Kertas gambar impor harganya sangat mahal tetapi Anda dapat membelinya perlembar. Jika dana Anda sangat terbatas maka harga kertas yang dapat terjangkau adalah merk Canson, Concorde, Kiky, dan Lyra. Merk diatas juga memproduksi buku sketsa. Saya menyarankan Anda untuk memilih buku sketsa. Kertas tidak berceceran kemana-mana dan dapat Anda simpan dengan rapi, sehingga Anda dapat melihat perkembangan proses menggambar Anda.
Ketebalan kertas juga harus diperhatikan, ukurannya ada yang 70 gr-300 gr. Paling tipis ukuran 70 gr dan paling tebal ukuran 300 gr. Pada umumnya Anda dapat menemukan ketebalan kertas ukuran 70 gr-120 gr. Semakin tebal kertas gambar yang Anda gunakan semakin baik.
Tekstur setiap kertas juga ada yang halus dan kasar tergantung dari ketebalan kertas itu sendiri. Saya lebih suka menggunakan kertas yang teksturnya agak sedikit kasar karena tidak terlalu licin ketika membuat garis.
Warna kertas pun bermacam-macam, Anda juga dapat mencoba menggunakan berbagai macam warna kertas.
Memilih kertas gambar sangatlah penting tetapi jika memang Anda memiliki kesempatan untuk membeli kertas gambar impor maka sebaiknya Anda mencobanya, dan lihat perbedaan kualitas gambar yang dihasilkan.
Pilihlah kertas yang sesuai dana dan kebutuhan Anda. Gambar yang Anda hasilkan menunjukkan kepribadian dan karakter Anda. Memilih kertas pun dapat membantu Anda mengungkapkan perasaan dan karakter yang Anda miliki.
Peralatan menggambar yang Anda butuhkan selain kertas adalah rautan dan penghapus. Rautan pensil bisa menggunakan pisau carter, rautan biasa, dan rautan mekanik. Saya lebih suka menggunakan pisau carter karena ketajaman pensil bisa dihasilkan sesuai dengan kebutuhan. Kadang ada rautan pensil biasa yang justru ketika Anda raut menyebabkan pensil tersebut cepat patah. Menghasilkan ketajaman pensil tergantung dari kebutuhan Anda apakah akan membuat garis tipis dan garis tebal. Pensil ukuran lunak dan keras juga menghasilkan ketajaman yang berbeda.
Penghapus juga bermacam-macam jenisnya mulai dari berbeda ukuran, warna, dan merknya. Sebaiknya Anda memilih penghapus yang memang diproduksi untuk menggambar dan menulis. Biasanya penghapus ini bewarna putih dan hitam. Sebagai pemula kadang Anda terlalu takut untuk melakukan kesalahan sehingga Anda sering menggunakan penghapus. Sebaiknya hindarkan dahulu terlalu sering memakai penghapus. Jika ada garis yang Anda buat tidak sesuai yang diinginkan biarkan saja. Penghapus nantinya akan sangat membantu dalam membuat daerah-daerah terang. Jika ada bagian arsir gelap yang tidak diinginkan maka sangat sulit untuk dihapus, walaupun hilang kadang masih terlihat bekasnya
Gambar yang menggunakan media pensil biasanya akan sangat cepat pudar jika tidak segera dilindungi. Ada beberapa cara agar gambar tetap terlindungi yaitu menyemprotkan gambar Anda dengan fixative. Hanya harga satu botol fixative cukup mahal sebagai pilihan lain Anda dapat membeli pylox warna transparan. Cara menyemprotkan gambar dengan fixative atau pylox yaitu semprotlah kertas dalam keadaan posisi berdiri, lakukan dari jarak jauh min 20 cm. Semprotlah tipis-tipis, kemudian tunggu sampai kering dan lakukan berulang kali.
Karya yang menggunakan media kertas juga harus dirawat karena mudah terlipat, robek, warna kertas menjadi kuning dan berjamur. Simpanlah karya Anda dalam ruangan yang suhunya tidak terlalu lembab dan bebas dari debu.


Buku sketsa yang mudah Anda temukan
di toko buku, harganya terjangkau dan bisa
dibawa kemana saja.






Bermacam-macam kertas gambar mulai
dari berbeda ukuran antara A0-A6,
ketebalan kertas antara 70gr-300gr,
dan warna kertas.





Pisau carter, penghapus, dan rautan pensil
membantu dalam proses menggambar Anda.




Ketika Anda menggambar dengan kertas
A3, A2, dan A1 atau kertas lebih besar,
kadang kertas tersebut suka menggulung.
Agar Anda dapat menghindari kertas
menggulung ketika sedang menggambar,
caranya yaitu letakkan kertas diatas papan kayu
kemudian gunakan lakban kertas di sekitar tepi
kertas kemudian pada setiap ujung kertas tahan
dengan paku payung. Cara ini juga menjaga agar
kertas tidak terlipat dan robek.

Leave a Reply